TERKINI

29 Kelompok Dapat Bansos Peternakan Rp7,4 Miliar

REPORTER: 
zey
EDITOR: 
zedin

Serang - Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Banten Banten Asep Mulya Hidayat mengatakan, Distanak menyalurkan bantuan sosial (bansos) bidang peternakan dari Kementerian Pertanian kepada 29 kelompok penerima di Banten. Total anggaran yang disalurkan sebanyak 7,4 miliar.

Bansos yang diberikan merupakan kegiatan fasilitasi pemerintah untuk mendorong
pengembangan agribisnis peternakan dan memantapkan ketahanan pangan bidang peternakan.

"Dana bansos digunakan untuk kegiatan usaha agribisnis dan ketahanan pangan bidang peternakan," kata Asep dalam rilis, Jumat (11/5/2012).

Ia mengaku, sosialisasi pemberian bansos ini sudah disampaikan kepada kelompok penerima di Aula Distanak Banten, Kamis (10/5/2012) kemarin. "Sosialisasi penyaluran sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan dana oleh kelompok. Sekaligus meminimalisir kemungkinan kesalahan dalam pelaksanaan di lapangan," ujarnya.

Anggaran tersebut disalurkan kepada 29 kelompok dengan nominal beragam mulai dari Rp 150 juta, Rp 200 juta, hingga 500 juta. "Besar dana disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan usaha kelompok yang dituangkan dalam proposal atau rencana usaha kelompok," ujarnya.

Kata Asep, dana bansos peternakan disalurkan langsung ke rekening kelompok penerima yang harus dimanfaatkan untuk usaha produktif. Bansos digunakan untuk pengembangan budidaya sapi perah, budidaya kerbau, agroinput budidaya kerbau, budidaya kambing, dan budidaya unggas di pedesaan.

Selain itu, bansos juga digunakan untuk kegiatan peningkatan produksi pakan ternak seperti integrasi ruminansia dengan tanaman, pengolah pakan unggas, lumbung pakan ruminasia, pengolah pakan skala kecil. "Kelompok penerima berada di delapan kabupaten/kota," ujarnya.(zey)

TEKNO

ADVETORIAL

  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Yuddy Crisnandi melakukan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tempat pelayanan pembayaran pajak kendaraan yang berada di lantai dua gedung Samsat Kota Serang, di Kecamatan Curug, Jumat (31/10).

OPINI

Apa implikasi rektrutmen pejabat berbagai level pemerintah setelah disahkan RUU ASN menjadi UU ASN?

Ginanjar Hambali*

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh dalam sambutan pada pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, di kantor Kemdikbud, Minggu (17/08/2014) menyatakan